Jump to content
Create New...

Mengupas Tuntas Sejarah Snapchat: Dari Foto Selfie Hingga Jadi Platform Komunikasi Multifungsi


budisrianto

Recommended Posts

alexander-shatov-fRjjnN_8njo-unsplash.jpg.61c0cbb668b01f9b5cdfad97ab7302e2.jpg

Snapchat didirikan pada tahun 2011 oleh Evan Spiegel, Bobby Murphy, dan Reggie Brown, ketiganya adalah mahasiswa di Stanford University. Awalnya, Snapchat hanya menjadi aplikasi untuk berbagi foto selfie yang dapat menghilang dalam waktu yang ditentukan. Aplikasi ini menjadi sangat populer di kalangan remaja, terutama karena fitur-filter yang unik dan lucu.

Namun, seiring berjalannya waktu, Snapchat mengalami banyak perubahan dan penambahan fitur. Pada tahun 2012, Snapchat meluncurkan fitur "My Story" yang memungkinkan pengguna untuk berbagi foto dan video yang dapat dilihat oleh teman-teman mereka selama 24 jam. Pada tahun 2013, Snapchat meluncurkan fitur "Snapcash" yang memungkinkan pengguna untuk mengirim uang kepada teman-teman mereka melalui aplikasi.

Pada tahun 2014, Snapchat meluncurkan fitur "Discover" yang memungkinkan pengguna untuk melihat konten dari media terkemuka seperti CNN, ESPN, dan National Geographic. Pada tahun 2015, Snapchat meluncurkan fitur "Lenses" yang memungkinkan pengguna untuk menambahkan efek wajah yang unik pada foto dan video mereka. Pada tahun yang sama, Snapchat juga meluncurkan fitur "Live Stories" yang memungkinkan pengguna untuk menonton acara dan lokasi populer di seluruh dunia.

Pada tahun 2016, Snapchat mengubah namanya menjadi Snap Inc. dan meluncurkan kamera wearable pertamanya, Spectacles. Pada tahun yang sama, Snap Inc. meluncurkan fitur "Memories" yang memungkinkan pengguna untuk menyimpan dan mengelola foto dan video mereka di aplikasi. Pada tahun 2017, Snap Inc. meluncurkan fitur "Snap Map" yang memungkinkan pengguna untuk melihat lokasi teman-teman mereka di peta.

Hingga saat ini, Snapchat telah menjadi platform komunikasi multifungsi yang memiliki banyak fitur tambahan seperti chat, panggilan video, dan bahkan game. Snapchat juga terus mengembangkan fitur baru seperti "Spotlight" yang memungkinkan pengguna untuk menonton konten yang dibuat oleh kreator Snapchat, dan "Minis" yang memungkinkan pengguna untuk menggunakan aplikasi lain di dalam Snapchat. Dari foto selfie hingga menjadi platform komunikasi multifungsi, Snapchat telah mengalami banyak perubahan dan terus berkembang sesuai dengan kebutuhan penggunanya.

Link to comment
Share on other sites

Join the conversation

You can post now and register later. If you have an account, sign in now to post with your account.

Guest
Reply to this topic...

×   Pasted as rich text.   Restore formatting

  Only 75 emoji are allowed.

×   Your link has been automatically embedded.   Display as a link instead

×   Your previous content has been restored.   Clear editor

×   You cannot paste images directly. Upload or insert images from URL.

×
×
  • Create New...

Write what you are looking for and press enter or click the search icon to begin your search